Home Wisata Sumatera Destinasi Wisata Alam Bangka Belitung Yang Mempunyai Karakteristik Unik

Destinasi Wisata Alam Bangka Belitung Yang Mempunyai Karakteristik Unik

Tempat wisata di Bangka Belitung mempunyai karakteristik yang unik dan menarik. Daerah tersebut memang sangat populer sebagai pulau yang penuh dengan keindahan alam mempesona. Terlebih lagi daerah tersebut merupakan saksi dari sebuah novel karya Andrea Hirata.

Bahkan dalam filmnya pun juga memperlihatkan dengan jelas setiap sudut dari Bangka Belitung memang sangat eksotis.

1Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas mempunyai daya tarik bukan hanya sekedar keindahan alam yang sangat natural. Mulai dari pasir putih dan air laut yang sangat biru membuat pulau lengkuas cukup sempurna. Selain keindahan alam yang natural, ada hal lain yang menjadi daya tarik dari pulau ini.

Di pulau lengkuas ini terdapat sebuah bangunan peninggalan kolonial Belanda. Bangunan tersebut masih berdiri sangat kokoh serta karakter dari gedung Eropa pun juga sangat jelas. Sehingga jika tidak mengetahui daerah Bangka Belitung, pasti akan mengira bahwa pulau tersebut berada di negara Eropa. Bangunan tersebut berupa menara mercusuar.

Mercusuar yang dibangun pada tahun 1880 mempunyai tinggi 50 meter. Menara telah dibuka untuk umum dan siapa pun dapat menaiki menara tersebut. Dari atas mercusuar dapat menyaksikan keseluruhan pulau lengkuas dari ketinggian. Hembusan angin laut akan menciptakan suasana yang berbeda saat menikmati pemandangan pulau lengkuas.

2Pulau Memperak

Pulau Memperak juga mempunyai kondisi alam yang hampir sama dengan Pulau Lengkuas. Namun ketika mengunjungi pulau ini lebih baik melakukan snorkling. Sebab laut di sekitar pulau mempunyai spot snorkling yang apik dan habitat laut yang masih sangat terjaga dan belum tercemar.

Lokasi dari pulau ini berada tepat di bagian timur Belitung. Kondisi pulau ini masih cukup sepi. Sehingga dapat mengeksplorasi laut dengan leluasa dan sepuasnya.

Dalam mengeksplorasi laut di sekitar pantai lebih baik dilakukan secara menyeluruh. Sebab setiap bagian dari laut mempunyai habitat yang sangat mempesona. Baik pada bagian utara, timur, selatan dan barat mempunyai karakteristik berbeda – beda. Sehingga sangat disayangkan jika dilewatkan.

Jika tidak ingin snorkling dapat juga menyelusuri sepanjang garis tepi pulau. Bebatuan besar yang terdapat di tepi pantai dapat digunakan untuk bersantai sambil menikmati hembusan angin dan hamparan laut luas.

3Gunung Menumbing

Gunung Menumbing adalah gunung yang berada di Bangka Belitung yang tidak begitu tinggi. Bahkan dapat juga dikategorikan sebagai bukit. Hal ini disebabkan karena tingginya hanya mencapai 350 m di atas permukaan air laut.

Walaupun tidak terlalu tinggi namun gunung ini mempunyai kisah historical tentang perjuangan kemerdekaan. Di gunung ini terdapat sebuah bangunan kuno. Bangunan tersebut pernah disinggahi oleh Bung Karno dan Bung Hatta sekitar tahun 1948. Keberadaan dari Bung Karno dan Bung Hatta di gedung tersebut karena mereka sedang diasingkan dan dilindungi dari kolonial Belanda.

Kini bangunan tersebut dikelola oleh abdi dalem Keraton Yogyakarta dan dibuka untuk umum. Karakter bangunan tersebut masih klasik dan terjaga dengan baik hingga kini. Para pengunjung pun juga tidak melewatkan untuk menyaksikan secara langsung bangunan paling bersejarah tersebut. Karena itulah gunung Menumbing menjadi sangat hitz.

4Pantai Pasir Padi

Setiap pantai mempunyai karakteristik yang berada – beda. Begitu pula dengan pantai ini juga mempunyai karakter yang sangat unik. Keunikan pantai tersebut menjadi daya tarik dari tempat wisata ini. Hal tersebut adalah kondisi pasir pantai yang unik dan langka.

Umumnya pasir pantai merupakan butiran – butiran kecil yang berwarna putih maupun coklat. Namun tidak untuk pasir di pantai ini. Kondisi butiran pasir pantai berbentuk seperti biji padi. Karena itulah pantai ini disebut dengan pantai pasir padi. Walaupun karakter pasir menyerupai butiran biji padi, pasir tersebut tidak kasar namun sangat lembut.

Dengan keunikan pasir yang sangat langka, di sekitar pantai terdapat berbagai macam fasilitas. Ada berbagai macam hotel dan restoran di sekitar pantai. Tarif hotel dan biaya makanan pun juga tergolong cukup murah dan tidak menguras kantong. Selain hotel dan restoran mewah, ada pula warteg dan aneka macam street food.

5Danau Kaolin Aek Biru

Tempat wisata di Bangka Belitung ini memang bukan merupakan tempat wisata alami. Tetapi sebuah tempat hasil dari tangan manusia yang terjadi suatu fenomena alam. Pada mulanya tempat tersebut bukanlah sebuah danau. Melainkan tempat penambangan biji timah.

Namun setelah kandungan biji timah terkuras, tambang tersebut ditinggal begitu saja. Lambat laut dengan faktor alam, tempat hasil dari penambangan timah tergenang air dan berubah menjadi danau. Kini tempat tersebut dimanfaatkan sebagai destinasi wisata alam.

Warna dari danau tersebut sangat unik, yaitu biru seperti warna langit. Selain warna biru, sebagian dari danau tersebut berwarna hijau. Namun warna hijau sangat unik dan tidak seperti warna air rawa. Tetapi seperti cairan kimia berwarna hijau.

6Danau Ampar Red Hill

Danau ini juga terbentuk dari hasil penambangan timah dan juga masih dalam satu kawasan dengan danau Kaolin. Di samping tebing yang mengelilingi danau Kaolin juga tersembunyi sebuah danau yang merupakan bekas pertambangan.

Walaupun tempat ini juga merupakan bekas pertambangan, namun mempunyai karakteristik yang jauh berbeda dengan danau Kaolin. Danau ini didominasi dengan warna merah, baik warna bukit dan air danau.

Dari daftar tempat wisata di Bangka Belitung tersebut dapat dijadikan sebagai referensi sebagai tempat liburan. Dengan destinasi yang mempunyai karakteristik unik dapat membuat suasana liburan tidak monoton dan lebih berwarna dan menyenangkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here