Home Wisata Sumatera Daftar Tempat Wisata di Nias Yang Rekomended

Daftar Tempat Wisata di Nias Yang Rekomended

tempat wisata di nias

Kunjungi Tempat wisata Nias terpopuler saat ini bersama keluarga tercinta Anda! Nias merupakan salah satu surga yang ada di Indonesia. Letaknya ada di wilayah Sumatera Utara atau sering disebut dengan kepulauan Nias. Beberapa waktu dekat, kepulauan ini akan diresmikan menjadi tuan rumah sail Indonesia.

Hal ini dikarenakan tempat ini memiliki pesona yang sangat elok dipandang. Sail Indonesia sendiri merupakan suatu perlombaan wisata bahari yang diadakan oleh Yayasan cinta Bahari Indonesia. Penunjukan sebagai tuan rumah sail Indonesia dilakukan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kementerian.

Nias memiliki daya tarik yang memikat wisatawan yang datang ke sana. Beberapa tempat wisata mungkin pernah Anda dengar sebelumnya. Penasaran apa saja? Simak daftar tempat wisata Nias yang bisa Anda ketahui di sini!

1Pink Beach Gawu Soyo Nias

Pasti Anda sudah pernah mendengar tentang tempat wisata pantai pink ini bukan? ya, sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki warna pasir yang kemerah mudaan. Sesuai dengan fakta yang ada, dikatakan bahwa satu-satunya pantai yang memiliki pasir berwarna pink di Sumatera Utara adalah Pink Beach. Bagaimana bisa pasir di sana berwarna demikian? Menurut kepercayaan warga setempat, dulunya di pantai ini pernah terjadi pertumpahan darah hingga menyebabkan warna pasirnya menjadi pink kemerahan.

Walaupun memiliki history yang cukup menyeramkan, ternyata warna pasir inilah yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Banyak dari mereka penasaran dengan pasirnya atau bahkan berburu foto yang keren. Nah, jika Anda tertarik untuk ke sana, Anda dapat datang langsung ke daerah administratif kabupaten Nias Utara kecamatan Afulu.

2Pulau Asu Nias

Salah satu pulau di Nias yang memiliki sebutan sebagai the paradise of Earth di Indonesia adalah Pulau Asu Nias. Hal ini dibuktikan dengan adanya kabar bahwa pulau ini menjadi perwakilan dari ke delapan pulau untuk menjadi trade kepulauan Hinako. Bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan pemandangan di sana benar-benar menakjubkan. Tak hanya itu, pengunjung juga memiliki kesempatan untuk melakukan berbagai kegiatan air yang cukup menantang adrenalin seperti surfing misalnya.

Ketika Anda tiba di pulau ini, Anda akan disambut dengan fenomena alam yang begitu eksotis. Ombak yang menggulung tinggi seakan membuat Anda tertantang untuk menaklukkannya. Tempat ini juga sangat cocok untuk tempat wisata bersama orang tercinta Anda, lho! Hal ini dikarenakan tempatnya sangat menenangkan. Tampak jelas terlihat dari putihnya pasir, laut biru, terumbu karang, koral, hingga ikan hias yang ikut menghiasi tempat ini. Nah, jika Anda merencanakan liburan ke sini, sebaiknya Anda sudah mempersiapkan budget yang lebih untuk melakukan perjalanan menuju Gunung Sitoli.

3Pantai Sirombu

Berdasarkan informasi yang ada, Pantai Sirambu merupakan salah satu ikon pantai kepulauan Nias. Letaknya berada di Kecamatan Sirombu, Kabupaten Nias Barat. Mungkin Anda pernah mendengar tentang berita Tsunami yang terjadi pada tahun 2005 silam? Ya, di tempat inilah dulunya terjadi Tsunami yang telah menewaskan banyak korban. Hal ini ditunjukkan dengan adanya puing-puing yang tertutup oleh rerumputan liar.

Walaupun tempat ini cukup mengingatkan kejadian yang menyedihkan itu, saat ini tempat ini kembali memiliki pemandangan yang indah. Jika Anda menyukai sunset di sore hari, tidak ada salahnya Anda mencoba datang ke tempat ini. Anginnya berhembus cukup tenang dan suara ombaknya pun merelaksasikan pikiran. Nah, salah satu ikon dari Pantai Sirombi sendiri adalah Pondok Ikan Bakar Hutagalung. Di sana, para wisatawan dapat menikmati berbagai olahan seafood setelah lama jalan-jalan melihat pantai. Ada banyak pilihan ikan di sana dengan harga terjangkau. Jadi, Anda dapat memesan sesuai kebutuhan dan selera.

4Pantai Lagundri

Apakah Anda memiliki hobi surfing? Jika iya, tempat wisata di nias ini sangatlah recommended untuk Anda. Pantai ini sudah dinobatkan menjadi salah satu pantai yang masuk dalam 10 pantai terbaik untuk surfing di dunia. Bukan mengapa, selain menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan, salah satu kegiatan yang diincar wisatawan adalah surfing. Tidak sama seperti banyak pantai di Indonesia, gulungan ombaknya bisa mencapai ketinggian dengan 5 tingkatan. Sudah biasa bagi para pengunjung menyaksikan ombak dengan panjang yang berkilo-kilo meter. Nah, jika Anda ingin mencoba surfing di sana, Anda dapat datang di bulan Juni atau pun Juli. Di bulan-bulan itu cuaca dan ombak dianggap sangat cocok untuk dijadikan momen surfing.

5Desa Bawomataluo

Nah, jika Anda sudah mengunjungi banyak pantai di Nias, tidak ada salahnya untuk mampir ke desa ini. Di sana, Anda akan merasakan unsur dan sentuhan tradisional yang sangat kental. Letak desa ini di daerah Nias yang berjarak sekitar 15 km dari Teluk Dalam. Teluk Dalam adalah spot di mana aktivitas surfing banyak dilakukan oleh wisatawan.

Apa yang menjadi keunikan dari desa ini? Keunikan nya dapat terlihat jelas dari bangunan-bangunan tua yang masih berdiri kokoh. Namun, jika Anda ingin mengunjungi tempat ini, Anda harus menaiki tangga sebanyak 88 buah. Jika Anda sudah tiba di sana, Anda akan menjumpai berbagai bangunan klasik yang unik.

Tidak hanya itu, selain melihat-lihat peninggalan nenek moyang, di sana, Anda juga dapat menyaksikan pertunjukan. Pertunjukan yang dimaksud adalah tradisi lompat batu yang merupakan tradisi yang dilakukan untuk merayakan momen anak laki-laki yang sudah balig. Biasanya, anak laki-laki itu akan diminta untuk melompati batu dengan ketinggian 2 meter baru bisa dianggap dewasa. Untuk masing-masing anak yang bisa melompatinya dengan mudah, makan akan dirayakan dengan diadakan penyembelihan kerbau. Karena banyaknya keunikan itulah yang membuat tempat ini masuk dalam daftar warisan dunia di UNESCO.

Demikian penjelasan mengenai tempat wisata di Nias. Jika Anda melakukan perjalanan ke sana untuk liburan, sebaiknya Anda sudah mempersiapkannya dengan matang. Salah satu hal yang perlu Anda pertimbangkan adalah kesehatan, budget, dan akses menuju ke sana. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here