Home Wisata Jawa Tengah 10 Tempat Wisata di Cilacap Terbaru

10 Tempat Wisata di Cilacap Terbaru

tempat wisata di cilacap
foto : https://www.instagram.com/fh_tasyasalsabilaa971/

Tempat wisata di Cilacap sangat lengkap, terlebih wisata pantainya. Hal ini karena Cilacap berbatasan dengan Samudera Hindia di sebelah Selatan. Lalu disebelah barat mempunyai batas wilayah dengan Kabupaten Ciamis, Kabupaten Pangandaran dan Kota Banjar. Sedangkan batas wilayah di utara yaitu bersebelahan dengan Brebes dan Banyumas. Serta di sebelah Timur nya yaitu Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Kebumen.

Tempat wisata di Cilacap yang sangat terkenal adalah Pulau Nusa Kambangan. Karena di pulau ini terdapat lembaga pemasyarakatan klas 1, tempat narapidana-narapidana kelas kakap biasanya dihukum. Meskipun begitu di pulau ini terdapat pantai-pantai indah yang tersembunyi di dalamnya.  Selain Pulau Nusa Kambangan, ada beberapa tempat wisata di Cilacap terbaru yang bisa dikunjungi diantaranya adalah :

1. Curug Mandala

Curug Mandala
foto : https://www.instagram.com/masekacan/

Curug Mandala terletak di Desa Mandala, Kecamatan Jeruklegi. Posisinya di sebelah timur bandara Tunggul Wulung Cilacap. Curug ini berada di tengah perbukitan. Sehingga untuk mencapai ke lokasi, pengunjung harus berjalan kaki terlebih dahulu.

Konon curug ini terbentuk akibat letusan bom yang mengenai sebuah sumber mata air. Bentuk curug ini pun cukup unik, bukan satu garis aliran air tapi tiga garis aliran air. Sehingga pemandangan yang dihasilkan pun sangat indah.

2. Pantai Pasir Putih

pantai pasir putih
foto : https://www.instagram.com/yasonliem_photography/

Pantai Pasir Putih terletak di dalam Pulau Nusa Kambangan. Untuk mencapai pantai ini, pengunjung harus menyebrang ke Pulau Nusa Kambangan terlebih dahulu. Jangan heran jika banyak polisi ataupun intel berseliweran. Karena memang di pulau ini perlu penjagaan yang ketat. Pemandangan yang disajikan pantai ini sangat menakjubkan. Pasir pantainya yang bersih dan berwarna putih semakin menambah kecantikan dari pantai ini. Meskipun pantai ini tidak begitu luas, ada saja pengunjung yang datang ke pantai ini.

3. Pantai Cemara Sewu

pantai cemara sewu
foto : https://www.instagram.com/hendra_liu19/

Pantai Cemara Sewu terletak di Jetis, Nusawungu, Cilacap. Di sepanjang pantai ini terdapat banyak pohon cemara. Sehingga menciptakan keindahan alam yang menakjubkan. Dari pantai ini pengunjung juga bisa melihat perbukitan Tanjung Karangbolong.

4. Hutan Pinus Karanggedang

hutan pinus karanggedang
foto : https://www.instagram.com/trias.ta/

Selain pantai adapula hutan pinus Karanggedang yang bisa dikunjungi. Hutan pinus ini terletak di Desa Karanggedang, Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap. Hutan pinus ini banyak dikunjungi oleh wisatawan karena pemandangan alamnya. Biasanya di tempat ini pengujung mengabadikan momen mereka dengan berfoto ataupun membuat video.

5. Curug Cimandaway

Curug Cimandaway
foto : https://www.instagram.com/ahdi_h369/

Curug Cimandaway terletak di Desa Datar, Kecamatan Dayeuhluhur. Curug ini berada di dalam kawasan Perhutani Banyumas Barat. Sumber air terjun ini adalah Sungai Singaraja kemudian air tersebut jatuh ke sungai Cikawon yang ada dibawahnya. Curug ini merupakan curug tertinggi yang ada di Cilacap, tingginya mencapai 100 meter. Sehingga banyak pengunjung yang datang ke tempat ini.

6. Waduk Kubang Kangkung

waduk kubang kangkung
foto : https://www.instagram.com/vhreddy/

Tempat lain yang wajib dikunjungi saat ke Cilacap adalah Waduk Kubang Kangkung. Waduk ini berada di Desa Kubang Kangkung, Kecamatan Kawunganten. Tepatnya masuk ke dalam kawasan perkebunan karet Kawunganten. Di waduk ini selain menawarkan pemandangan yang indah, pengujung juga bisa menikmati berbagai permainan air.

7. Pantai Kali Kencana

Pantai Kali Kencana
foto : https://www.instagram.com/hildariyadiamalia/

Pantai lain yang bisa dikunjungi di Cilacap adalah Pantai Kali Kencana. Pantai  ini terletak di dalam kawasan Pulau Nusa Kambangan. Untuk mencapai pantai ini pengunjung harus menyebrang menggunakan kapal selama 25 menit. Lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki selama 3 jam menembus hutan Nusa Kambangan. Memang perjalanan yang tidak mudah. Tapi begitu sampai di lokasi, pengunjung akan merasa takjud dengan apa yang dilihatnya. Pantai ini dikelilingi tebing yang besar, pasir pantai yang berwarna abu-abu serta ombak pantai ini yang besar. Hal ini dikarenakan pantai ini menghadap langsung Samudera Hindia.

8. Gunung Selok

gunung selok view
foto : https://www.instagram.com/wisatagunungselok/

Gunung Selok berada di Desa Karangbenda, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap. Gunung ini berada di ketinggian 150 kilometer di atas permukaan laut dan memiliki luas sebesar 236 hektar. Dalam kawasan gunung ini terdapat beberapa tempat yang bisa dikunjungi. Mulai dari goa-goa yang terbentuk secara alami, Benteng Jepang,  Kuil Siwa-Budha dan beberapa tempat petilasan. Di gunung ini pengunjung bisa  langsung menuju ke objek wisata Pantai Laut Selatan dan Gunung Srandil. Pemandangan dari gunung ini pun sangat indah. Dalam satu tempat pengunjung bisa melihat gunung sekaligus hamparan laut lepas.

9. Benteng Pendhem Cilacap

benteng pendhem cilacap
foto : https://www.instagram.com/feni_yunianti/

Wisata sejarah yang bisa dikunjungi adalah Benteng Pendhem Cilacap. Benteng ini merupakan bangunan peninggalan penjajahan Belanda. Benteng yang berdiri di atas tanah seluas 6.5 hektar ini dibangun pada tahun 1861 – 1879. Benteng ini berada di dalam kawasan Pantai Teluk Penyu. Dulunya benteng ini sempat tidak terurus dan tertutup tanah pesisir pantai. Hingga tahun 1986 benteng ini ditemukan kembali dan mulai dilestarikan oleh pemerintahan setempat.

10. Hutan Mangrove

hutan mangrove
foto : https://www.instagram.com/opicknurmala/

Hutan mangrove ini berada di Desa Karang Talun, Kecamatan Tritih Kulon. Hutan ini memiliki luas 10 hektare dan merupakan hutan kota. Untuk mencapai hutan mangrove ini pengunjung harus menyebrang dari pelabuhan Seleko sekitar 1 jam. Perjalanan panjang itu akan terbayarkan dengan pemandangan yang memanjakan mata di hutan ini.

Tempat wisata di Cilacap yang beragam inilah yang membuat daerah ini tidak pernah sepi pengunjung. Jarak antar objek wisatanya yang tidak terlalu jauh ini pula yang menjadi alasan kenapa harus berkunjung ke Cilacap. Liburan bersama keluarga menjelajahi berbagai objek wisata yang ada tentunya akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Tentunya akan pula mempercantik sosial media dengan foto-foto keindahan alamnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here