Home Wisata Sumatera 7 Tempat Wisata Di Bukittinggi Terbaru Paling Hits Dan Menarik

7 Tempat Wisata Di Bukittinggi Terbaru Paling Hits Dan Menarik

tempat wisata di bukittingi

Tempat Wisata Di Bukittinggi, Bukittinggi merupakan salah satu kota yang berada di wilayah Sumatera Barat. Meski jarang terdengar, siapa sangka jika Bukittinggi menyimpan banyak potensi wisata yang sangat indah dan wajib untuk dijelajahi. Ada banyak objek wisata yang bisa dijumpai, mulai dari wisata pantai, air terjun hingga wisata kuliner yang sayang untuk dilewatkan.

Seperti yang diketahui Kota Bukittinggi sendiri berada 90 kilometer dari Kota Padang ke sebelah utara. Bagi yang berencana untuk berlibur ke Padang, pastikan juga untuk berkunjung ke kota Bukittinggi. Tidak kalah dengan wisata di Padang, Bukitinggi juga memiliki tempat wisata yang unik dan juga menarik. Apa saja itu? Ini dia beberapa tempat wisata di Bukittinggi yang wajib Anda kunjungi.

1Jam Gadang

Tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi saat berada di Bukittinggi adalah Jam Gadang Bukittinggi. Jam Gadang sendiri merupakan icon dari kota Bukittinggi yang sudah sangat terkenal. Bagi Anda yang belum pernah kesana, Jam Gadang ini berada di antara pasar bawah, Istana Bung Hatta, Pasar Atas dan juga Plaza Bukittinggi.

Karena lokasinya yang berada di pusat kota, membuat tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi masyarakat lokal yang ingin bersantai menikmati sore. Perlu diketahui bahwa Jam ini sebenarnya sudah dibangun sejak era kolonial Belanda dan sempat direnovasi beberapa kali. Jam gadang sendiri dibangun dengan ukuran 13 meter x 4 meter dengan tinggi sekitar 26 meter. Salah satu keunikan yang dimiliki jam ini yaitu bentuk bangunannya yang begitu khas dan bersejarah. Jadi bagi yang berkunjung ke Bukittingi pastikan untuk datang ke lokasi Jam Gadang ini.

2Benteng Fort De Kock

Sesuai dengan namanya pasti Anda sudah bisa menebak bahwa bangunan ini merupakan bangunan peninggalan penjajah Belanda. Jika dilihat dari sejarahnya, Benteng Fort De Kock ini dibangun pada tahun 1825 pada masa pemerintahan Baron Hendrik Merkus De Kock.

Perlu diketahui benteng ini merupakan salah satu saksi dari perang yang terkenal di Sumatera Barat yaitu Perang Paderi. Meski sudah lama, bangunan benteng Fort De Kock terlihat masih cukup bagus. Bagi Anda yang belum tahu dimana lokasinya, Benteng Fort De Kock ini berada di jalan Yos Sudarso Benteng Pasar Atas, Bukittinggi. Untuk mencapainya pun sangat mudah, Benteng ini berada 1 kilometer dari pusat kota. Sehingga wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk mencapai lokasinya.

3Museum Bung Hatta

Objek wisata selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah Museum Bung Hatta. Museum ini awalnya merupakan lokasi kelahiran Bung Hatta. Tujuan utama museum ini dibangun adalah untuk mengenang jasa Bung Hatta dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Perlu diketahui, Bung Hatta sendiri lahir dan dibesarkan di rumah ini hingga berusia 11 tahun. Sedangkan untuk rumah aslinya sudah hancur sejak tahun 60 an karena usia bangunannya yang sudah tidak layak. Sehingga pada tahun 1994 dilakukan pembangunan ulang rumah kelahiran Bung Hatta yang sekarang menjadi museum ini.

4Taman Margasatwa Dan Budaya Kinata

Taman Margasatwa dan Budaya Kinanta atau yang biasa dikenal dengan nama Kebun Binatang Bukittinggi. Perlu diketahui bahwa kebun binatang yang ada di Bukittinggi ini merupakan kebun binatang tertua yang ada di Indonesia. Untuk lokasinya sendiri berada di atas bukit Cubadak, Bungkuak.

Kebun binatang ini dibangun pada masa pemerintahan Hindia Belanda pada tahun 1900an yang dulunya diberi nama Stormpark atau Kebun Bunga. Karena letaknya yang tidak jauh dari Benteng Fort De Kock, tidak ada salahnya jika Anda mampir ke kebun binatang ini saat berkunjung ke benteng tersebut.

5Janjang Saribu

Janjang Saribu menjadi destinasi wisata selanjutnya yang wajib dikunjungi saat berada di Kota Bukittinggi. Janjang Seribu atau Tangga Seribu merupakan salah satu objek wisata di Bukittinggi yang sepintas mirip dengan the great Wall yang ada di Cina. Bagi Anda yang belum pernah ke sana, Janjang Saribu ini membentang mulai dari Kota Gadang di Ngarai Sianok hingga naik ke kota Bukittinggi.

Perlu diketahui bahwa objek wisata ini tidak cocok digunakan untuk berwisata keluarga. Mengapa? Karena untuk bisa menikmati Janjang Saribu ini, para pengunjung perlu mempersiapkan fisik yang kuat karena panjangnya jalan yang akan dilalui. Seperti yang diketahui, Panjang dari jalan di Janjang Saribu ini sekitar 780 meter sehingga jika Anda lelah sebaiknya berhenti sejenak.

6Gua Jepang

Gua Jepang atau biasa dikenal dengan nama Lubang Jepang merupakan sebuah tempat persembunyian tentara Jepang yang dibangun pada tahun 1942. Jika diukur, panjang terowongan ini sekitar 1400 meter dengan bentuknya yang berkelok-kelok. Sedangkan untuk lebarnya sekitar 2 meter.

Konon untuk pembangunan terowongan ini menggunakan sistem kerja paksa atau dikenal dengan nama Romusha. Para pekerja yang dipakai untuk membangun terowongan ini didatangkan langsung dari Jawa, Kalimantan, dan juga Sulawesi. Jadi bagi Ana yang datang ke Bukittinggi pastikan untuk mengunjungi terowongan bersejarah ini.

7Rumah Adat Baanjuang

Jika ke Bukittinggi kurang lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke museum rumah adat Baanjuang yang berada dalam komplek Kebun Binatang. Perlu diketahui bahwa Museum ini dibangun sejak tahu 1935 sewaktu masa penjajahan Belanda.

Pada awalnya museum ini diberi nama Museum Baanjuang, namun setelah kemerdekaan Indonesia museum ini berubah nama menjadi Museum Bundo Kanduang. Tetapi penamaan tersebut masih dirasa kurang tepat. Hingga nama tersebut diubah lagi oleh Pemerintah Daerah menjadi Museum Rumah Adat Buanjuang.

Itulah beberapa tempat wisata di Bukittinggi yang wajib untuk dicoba dan jelajahi. Ajak semua keluarga untuk mengunjungi berbagai tempat di Bukittinggi dan jadikan liburan Anda bersama keluarga semakin berkesan. Semoga Informasi diatas membantu Anda menemukan tempat wisata menarik di Bukittinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here