Home Wisata Jawa Tengah Tempat Wisata di Brebes yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Brebes yang Wajib Dikunjungi

Tempat wisata di brebes
foto : https://www.instagram.com/ayuambar09/

Tempat wisata di Brebes bisa menjadi pilihan untuk mengisi waktu liburan. Brebes merupakan sebuah Kabupaten paling luas kedua di Jawa Tengah setelah Kabupaten Cilacap. Selain itu jumlah penduduk Brebes merupakan jumlah penduduk terbanyak dari seluruh Kabupaten yang ada di Jawa Tengah.  Tak heran banyak ditemui orang Brebes di wilayah Jabodetabek.

Tempat wisata di Brebes sangat lengkap. Mulai dari wisata pantai, wisata sejarah hingga wisata pegunungan. Berkunjung ke Brebes tidak hanya karena telur asin dan bawang merahnya saja. Tapi lebih dari itu beragam objek wisata bisa dikunjungi oleh wisatawan. Beberapa tempat wisata di Brebes yang wajib dikunjungi antara lain:

1. Argowisata Kebun Teh Kaligua

agrowisata teh kaligua
foto : https://www.instagram.com/yullek13/

Kebun teh Kaligua merupakan objek wisata andalan Kabupaten Brebes. Agrowisata kebun teh Kaligua terletak di Desa Pandansari yaitu 15 kilometer dari Bumiayu. Perkebunan ini dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara IX Jawa Tengah.

Ditempat ini selain perkebunan teh terdapat pula pabrik teh “Kaligua” yang bisa dikunjungi oleh masyarakat ataupun pelajar. Pabrik teh ini terkenal karena menghasilkan “black tea” yang nikmat. Tak hanya itu di area perkebunan ini juga terdapat Goa Jepang yang pada zaman dahulu dijadikan tempat pembantaian. Selain itu terdapat pula Telaga Ranjeng yang konon ikan lele dan ikan mas didalamnya merupakan ikan keramat.

2. Candi Pangkuan

candi pangkuan
foto : https://www.instagram.com/hanysuci1/

Candi Pangkuan terletak di Desa Cilibur Kabupaten Brebes. Candi ini terletak di area seluas 4 hektare. Ditemukan pertama kali pada tahun 1965 oleh masyarakat setempat. Sejak itu dimulailah proses perapihan area sekitarnya.

Terdapat ratusan ekor monyet yang tinggal disekitaran Candi Pangkuan ini. Monyet-monyet disini cukup jinak, jadi pengunjung tidak perlu khawatir. Pengunjung pun boleh memberi makan monyet-monyet tersebut. Selain Candi dan keberadaan monyet jinak, pemandangan di sekitar Candi pun sangat indah.

3. Desa Wisata Cisereuh

Desa Wisata Cisereuh
foto : https://www.instagram.com/kampungbudayajalawastu/

Wisata budaya yang bisa dikunjungi ketika di Brebes adalah Desa Wisata Cisereuh. Desa wisata ini terletak di Lereng Gunung Kumbang, Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes. Di desa ini pengunjung bisa melihat kehidupan tradisi warga Brebes.

Setiap Selasa Kliwon di desa ini diadakan upacara adat “Ngasa”. Upacara ini merupakan bentuk syukur masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu di desa ini kita bisa melihat bentuk unik rumah warganya. Dimana tidak ada atap genteng, tembok dan lantai dari keramik. Semua rumah menggunakan dinding kayu, atap seng dan lantai kayu.

4. Curug Panyusuhan

Curug Panyusuhan
foto : https://www.instagram.com/ranto_canyon/

Curug Panyusuhan terletak di Desa Tembongraja, Kecamatan Salem. Curug ini berbeda daripada curug-curug lain yang ada di Brebes. Curug ini terdiri dari tujuh tingkat dengan ketinggian rata-rata 50 meter. Untuk sampai ke curug ini pengunjung harus berjalan kaki sekitar 20 menit. Selain airnya yang jernih dan udara yang dingin, pemandangan di sekitar curug ini pun sangat indah. Bagi yang ingin bermalam di sekitar curug ini pun bisa.

5. Kalibaya Park

Kalibaya Park
foto : https://www.instagram.com/ivafasikha2002/

Kalibaya Park merupakan salah satu objek wisata terbaru yang ada di Kabupaten Brebes. Letaknya di Desa Pasirpanjang, Kecamatan Salem. Tempat ini diresmikan pada tahun 2016 yang lalu. Nama Kalibaya sendiri diambil dari singkatan Kawasan Lio Rimba Raya. Hal ini dikarenakan lokasi tempat ini berada di puncak Gunung Lio.

Selain pemandangannya yang menakjubkan di tempat ini juga terdapat beragam wahana yang bisa dinikmati pengunjung. Wahana tersebut antara lain outbond, ATV, gardu pandang, komodo track, padang savanna dan lain sebagainya.

6. Puncak Gunung Lio

Puncak Gunung Lio
foto : https://www.instagram.com/rehansadega29/

Puncak Gunung Lio masuk dalam wilayah Banjarharjo dan Salem. Di puncak gunung ini pengunjung bisa melihat hamparan pemandangan yang sangat indah.  Pecinta gunung biasanya camping di puncak gunung ini. Selain karena tempatnya yang mudah dijangkau. Tempat ini juga belum memberlakukan tiket masuk bagi para pengunjungnya.

7. Bukit Panenjoan

Bukit Panenjoan
foto : https://www.instagram.com/rickyahya10/

Tempat yang tidak boleh dilewatkan ketika di Brebes adalah menikmati matahari terbenam di Bukit Panenjoan. Bukit ini terletak di Desa Wanoja, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes.

Berada di dataran tinggi membuat bukit ini memiliki pemandangan yang indah terlebih ketika sore menjelang. Untuk menikmati pemandangan kala senja datang ada beberapa tempat yang bisa digunakan pengunjung. Mulai dari kursi untuk bersantai hingga gardu pandang.

8. Pabrik Gula Jatibarang

pabrik gula jatibarang
foto : https://www.instagram.com/azisiskandar_/

Pabrik gula Jatibarang terletak di Jalan Raya Jatibarang, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes. Pabrik gula dibangun sejak masa penjajahan Belanda. Saat ini usianya mencapai 175 tahun. Bangunan dari pabrik ini masih berdiri kokoh. Bahkan kereta pengangkut gula pun masih parkir di sekitar kawasan pabrik. Area pabrik ini sangat cocok untuk berfoto karena terkesan vintage.

9. Pantai Randusanga

Pantai Randusanga
foto : https://www.instagram.com/m.eko_raharjo_albarbasy/

Pantai Radusanga terletak di Radusanga Kulon yaitu sekitar 7 kilometer dari Jalan Raya Pantura ke arah utara. Pantai ini merupakan salah satu pantai terindah yang dimiliki Kabupaten Brebes. Dengan panjang garis pantai sekitar 2 kilometer dan luas lahan sebesar 30 hektar, pantai ini menjanjikan untuk dikunjungi.

Tempat wisata di Brebes sangat beragam. Berbagai objek wisata ini bisa dijadikan pilihan untuk didatangi. Terlebih ketika musim liburan tiba, tak ada salahnya untuk mampir ke sini. Kini Brebes tak lagi terkenal hanya karena telur asin dan bawang merahnya saja. Sektor pariwisatanya pun sangat menjanjikan. Perkembangan wisata ini pun akan semakin meningkat di tahun-tahun yang akan datang. Mengingat pemerintah setempat mulai menyadari dampak besar dengan majunya sektor pariwisata. Jadi kapan liburan di Brebes??

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here